Penyebab Dan Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris, Putus-Putus Dan Tidak Jelas Pada Printer

Penyebab dan cara mengatasi hasil print bergaris, putus-putus dan tidak jelas pada printer - Apakah anda pernah mengalami kendala pada saat mencetak hasil ketikan pekerjaan atau tugas pada microsoft word maupun excel, seperti hasil output print yang hitam bergaris, tidak jelas atau buram, gambar bergaris terputus-putus, bahkan sebagian hilang ?. Hal itu berarti printer yang Anda gunakan sedang mengalami masalah yang perlu untuk di perbaiki, baik secara sistem maupun manual.

Printer saat ini ada yang jenis Inkjet dan ada juga yang jenis Laserjet, sehingga jika printer yang Anda gunakan memiliki hasil print bergaris hitam memanjang, buram dan sebagainya, tindakan awal yang harus Anda lakukan sebagai pengguna printer tersebut adalah dengan mencari tahu apakah penyebab utama dari permasalahan printer yang memiliki hasil output print bergaris tersebut sesuai dengan jenis printernya.

Dengan demikian untuk mengetahui apa saja hal yang menyebabkan hasil print bergaris hitam memanjang, putus-putus, tidak jelas, buram, sebagian hilang dan masalah hasil print yang tidak sesuai dengan print preview sebelumnya adalah ketahui printer jenis apa yang Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak penjelasan lebih terperinci pada uraian sebagai berikut yang membahas tentang penyebab hasil output printer bergaris hitam dan buram serta cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris, Putus-Putus Dan Tidak Jelas Pada Printer
Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Penyebab printer bergaris

Pertama-tama ketahui dahulu jenis printer yang Anda gunakan, apakah jenis Inkjet atau Laserjet. Umumnya jenis printer Inkjet tertanam pada printer dengan merek Canon dan jenis printer Laserjet tertanam pada printer dengan merek Epson. Biasanya masalah seperti hasil print yang bergaris hitam, buram, tidak jelas dan sebagainya sering kali terjadi pada saat printer lama tidak digunakan dan juga jarang sekali dilakukan maintenance pada settingan printer.

Oleh karena itu meskipun Anda jarang sekali untuk menggunakan printer, setidaknya Anda harus tetap melakukan perawatan pada printer yang Anda miliki, yang tidak hanya melakukan perawatan pada hardware yang ada didalam printer tersebut saja, namun juga software dari printer tersebut agar tetap memiliki performa yang bagus dan update, yang pastinya service dan maintenance rutin untuk dilakukan.

Cara mengatasi hasil print bergaris Epson dan Canon

Untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki printer yang memiliki hasil output bergaris, buram, tinta hitam terputus-putus bergaris, tidak jelas bahkan sebagian hilang, ada dua cara yang akan dilakukan sesuai dengan jenis printernya, yang diantaranya adalah seperti berikut.

Cara memperbaiki hasil print bergaris pada printer Laserjet Epson

Hal yang bisa Anda lakukan hanyalah dengan melakukan pemeliharaan pada pemeriksaan nosel, pembersihan head dan penyelarasan print head pada setting printer. Adapun cara melakukan perawatan pada sistem printer tersebut dapat Anda ketahui seperti berikut dibawah ini :

1. Tekan CTRL + P pada lembar kerja atau bisa juga dengan memilih tab File kemudian pilih Print.
2. Kemudian pilih Printer Propertis.
3. Selanjutnya pada jendela baru yang terbuka, pilih Pemeliharaan.
4. Terakhir adalah lakukan pemeliharaan satu persatu pada pilihan yang disediakan seperti pemeliharaan nosel, pembersihan head dan penyelarasan print head.

Cara memperbaiki hasil print bergaris pada printer Inkjet Canon

Hal yang bisa Anda lakukan adalah berikan perawatan seperti diatas juga dan yang kedua memeriksa head cartride, apakah tinta bergumpal atau cartride yang penuh dengan tinta yang tercecer atau bahkan cartride Anda sudah rusak dan perlu untuk diganti. Disini peran Anda adalah harus sering-sering membersihkan cartride dan menjaganya agar selalu bersih, karena jika tidak maka hasil print yang akan keluar tidaklah bagus dan pastinya kurang maksimal.

Untuk bagian perbaikan pada jenis printer seperti ini tergolong agak ribet dan jika Anda belum terlalu paham, sebaiknya bisa Anda membawa printer yang bermasalah tersebut pada jasa service komputer dan printer terdekat di daerah Anda. Hal tersebut agar menghindari kerusakan lainnya diluar daripada cartride yang rusak atau kotor.

Solusi memperbaiki hasil print bergaris printer Canon dan Epson

Dengan demikian sudah jelas bahwa setiap jenis printer memiliki cara yang sedikit agak berbeda yang disesuaikan dengan teknologi apa yang terpasang didalam printer tersebut, sehingga apa yang telah dijelaskan secara rinci pada pembahasan mengatasi hasil print yang bergaris diatas bisa menjadi solusi bagi Anda didalam mengetahui penyebab dan cara mengatasi hasil print bergaris, putus-putus, buram printer Inkjet dan Laserjet.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris, Putus-Putus Dan Tidak Jelas Pada Printer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel