#7 Cara Mencegah Infeksi Ransomware WannaCry

Tags

Teknotomotif.com - #7 Cara mencegah infeksi ransomware wannacry berdasarkan anjuran oleh pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika (KEMKOMINFO), telah merumuskan beberapa langkah pencegahan infeksi ransomware wannacry pada perangkat komputer atau laptop.

Dengan diumumkannya langkah-langkah mencegah terjangkitnya program jahat ini, dapat menjadi referensi yang tepat bagi kalian dalam meminimalisir dan menghindari hal yang tidak diinginkan kembali terjadi para perangkat komputer.

Program jahat ransomware wannacry ini belakangan sedang hangat diberitakan pada berbagai media cetak maupun media online yang ada diseluruh belahan dunia bahkan di Indonesia. Hal tersebut karena program jahat ini bisa mengambil alih dan mengenkripsi seluruh data yang ada pada komputer yang terjangkit.
#7 Cara Mencegah Infeksi Ransomware WannaCry
Cara Mencegah Infeksi Ransomware WannaCry
Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas dengan lengkap mengenai apa itu ransomware wannacry dan apa saja akibat yang akan ditimbulkan jika komputer atau laptop terjangkit dengan program ini, dapat kalian temukan jawabannya pada halaman berikut.


Cara atasi dan cegah ransomware wannacry

Dibawah ini akan disebutkan satu persatu apa saja hal yang harus dilakukan agar bisa mengatasi dan mencegah program jahat ini menyerang komputer baik milik pribadi, kantor maupun perusahaan yang bersumber dari kementerian komunikasi dan informatika yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Matikan hotspot (wifi) dan cabut kabel local area network serta internet

Ini berlaku untuk server dan komputer yang terhubung dengan komputer lainnya dalam koneksi local area network (LAN), internet serta hotspot (wifi). Sebelum menghidupkan komputer atau server, terlebih dahulu matikan hotspot (wifi) dan cabut kabel local area network ataupun internet.

2. Backup file data ke media lain

Hal ini bisa kalian lakukan dengan cara memindahkan data-data ke sistem operasi non windows lainnya seperti operasi sistem linux dan mac. Bisa juga dengan cara membackup (copy) file data ke media lain seperti hardisk eksternal dan flashdisc serta, pastikan semua data file terbackup dengan sempurna.

Jika point satu dan dua seperti yang sudah dijelaskan diatas sudah kalian lakukan, silahkan aktifkan hotspot (wifi) dan sambungkan kembali kabel local area network serta internet (berlaku untuk server dan jaringan komputer).

3. Update antivirus dan anti-ransomware

Mengupdate antivirus dan anti-ransomware merupakan suatu hal yang harus rutin untuk dilakukan agar, kalian selalu mendapatkan pembaharuan mengenai virus yang semakin hari semakin banyak bermunculan dengan tipe dan nama yang baru. Sehingga antivirus yang terinstall pada perangkat komputer atau laptop yang kalian miliki uptodate dengan beragam virus yang bermunculan.

4. Update security windows dengan memasang patch MS17-010

Pastikan operasi sistem Windows yang kalian gunakan selalu update terhadap patch maupun hotfix dari windows. Lakukan pembaharuan pada sekuriti windows dengan memasang patch MS17-010 yang sudah dikeluarkan langsung oleh microsoft yang bisa kalian peroleh pada website microsoft disini (Security MS17-010).

5. Jangan mengaktifkan fungsi macros.

6. Nonaktifkan fungsi SMB v1.

7. Hadang (block) port 139/445 dan 3389.


Dengan beberapa tips cara mengatasi dan mencegah ransomware wannacry diatas, dapat meminimalisir hal yang tidak di-inginkan dan juga agar perangkat komputer atau laptop yang kalian miliki terhindar dari serangan program jahat tersebut.

Demikian pembahasan mengenai #7 cara mencegah infeksi ransomware wannacry. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui langkah-langkah mencegah dan terhindar dari ransomware wannacry pada server, komputer ataupun laptop.


EmoticonEmoticon