Bahayakah Jika Laptop Terus Di-Charge Tanpa Dicabut ? Ini Jawabannya

Tags

Teknotomotif.com - Bahayakah jika laptop terus di-charge tanpa dicabut dan apakah bisa merusak baterai laptop jika hal tersebut sering dilakukan ?. Pada pembahasan berikut akan dijelaskan mengenai pertanyaan, aman gak sih jika membiarkan laptop terus dicharge walau sudah terisi penuh.

Jika kalian baru memiliki sebuah perangkat netbook, notebook ataupun laptop, pasti sering bertanya-tanya didalam hati maupun ke sesama pengguna perangkat tersebut bolehkah menggunakan laptop sambil di cas (charge) ?, apa saja hal yang dilarang saat menggunakan laptop ? dan apa saja dampak ngecas laptop semalaman bagi baterai laptop.

Terkadang ada saja yang menjawab seadanya karena memang belum terlalu memahami dengan pasti dan bahkan ada yang belum tahu sama sekali tentang hal itu. Oleh karena itu jika kalian masih memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai hal tersebut, maka kalian berada pada halaman yang benar.
Bahayakah Jika Laptop Terus Di-Charge Tanpa Dicabut ? Ini Jawabannya, bolehkah menggunakan laptop sambil di cas (charge) ?, apa saja hal yang dilarang saat menggunakan laptop ? dan apa saja dampak ngecas laptop semalaman bagi baterai laptop.
Laptop Terus Di-Charge Tanpa Dicabut

Komputer jinjing atau yang sering disebut juga dengan laptop memang memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, diantaranya adalah seperti berikut :
1. Laptop mudah dibawa kemana-mana (portable).
2. Laptop dapat digunakan tanpa harus terhubung ke sumber listrik (dibekali baterai).
3. Laptop lebih simple untuk digunakan, karena semua sudah menjadi satu (layar, touchpad dan keyboard).

Tapi tahukah kalian jika laptop dibandingkan dengan personal computer (PC) mana yang terbaik ? mana yang memiliki keunggulan lebih dan apa saja yang membedakannya ?, temukan jawabannya pada halaman berikut.


Dengan memilih laptop maka kalian akan lebih leluasa menggunakannya dimanapun dan kapanpun, selama baterai sudah terisi. Namun jika isi daya baterai laptop sangat sedikit dan kemudian di charge setelah itu kalian ingin gunakan dalam keadaan di charge apakah aman untuk baterai dan apa dampaknya, berikut penjelasannya.

Apakah berbahaya jika laptop terus di cas saat digunakan

Dibawah ini akan dijelaskan apakah berbahaya jika laptop terus menerus di cas saat digunakan dan haruskah kita nyabut colokan dari laptop setelah baterainya terisi penuh. Lamanya laptop terhubung dengan sumber daya sebenarnya bukan hal yang berbahaya bagi baterai laptop, jika baterai Lithium yang mempengaruhinya adalah antara lain sebagai berikut.

Siklus baterai

Hal ini berkaitan dengan penggunaan laptop, apakah sering membiarkan laptop terisi penuh (100%) dan kemudian menggunakannya hingga habis atau kosong (0%), jika hal tersebut sering dilakukan maka siklus baterai laptop, netbook ataupun notebook kalian akan semakin cepat habis.

Selama laptop masih digunakan, sebaiknya biarkan saja tetap terhubung dengan sumber daya listrik dan jangan keseringan membiarkan baterai laptop habis hingga 0%. Satu siklus baterai terhitung dengan kondisi baterai dari 100% menjadi 0%.

Temperatur laptop

Temperatur laptop, netbook ataupun notebook merupakan faktor pemicu yang dapat membuat baterai pada perangkat cepat rusak. Semakin panas suhu perangkat laptop, netbook ataupun notebook maka semakin cepat pula baterai akan rusak.

Maka dari itu, jaga selalu temperatur laptop, netbook ataupun notebook yang kalian miliki saat digunakan dan usahakan selalu tetap normal. Cara mengatasi laptop, netbook ataupun notebook cepat panas adalah dengan menggunakan USB Cooler Fan.

Kesimpulan

Berdasarkan faktor yang telah disebutkan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan laptop, netbook ataupun notebook sambil di cas (charge) tidaklah berbahaya malah akan membuat umur baterai menjadi lebih awet, asal selalu menjaga temperatur (suhu) perangkat agar tetap selalu normal.

Demikian pembahasan mengenai bahayakah jika laptop terus di-charge tanpa dicabut, ini jawabannya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui bolehkah menggunakan laptop sambil di cas (charge) dan solusi cara mengatasi laptop, netbook ataupun notebook cepat panas dengan menggunakan USB Cooler Fan.


EmoticonEmoticon