Cara Jitu Memperkecil Ukuran File Foto Dan Hasil Scan

Teknotomotif.com - Tutorial berikut ini akan dijelaskan secara lengkap cara jitu memperkecil ukuran file foto dan hasil scan dengan menggunakan aplikasi standar bawaan komputer atau laptop. Jadi bagi sobat yang sedang bingung ingin mengecilkan ukuran gambar hasil scan maupun gambar hasil foto tak perlu risau lagi.

Cara ini sudah sering kami gunakan karena tergolong sangat mudah sekali dan tidak memerlukan aplikasi editing foto yang terkenal dan tergolong agak ribet jika belum benar-benar memahaminya seperti Photoshop ataupun Coreldraw. Yang kami gunakan hanyalah aplikasi standar bawaan dari windows itu sendiri.

Biasanya tutorial cara mengecilkan file gambar atau sering juga disebut dengan mengkompress ukuran (size) foto banyak dicari dikalangan pelajar dan mahasiswa. Hal tersebut karena pada umumnya saat ingin masuk atau mendaftar ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mengharuskan pelajar atau mahasiswa untuk upload foto dengan ukuran yang ditentukan, misalnya maksimal 200 kb.
Cara jitu memperkecil ukuran file foto, gambar jpeg, png dan hasil scan.
Bagi yang memahami cara memperkecil size foto pastinya tidak akan bingung dan dengan mudah sekali melakukannya, namun bagi yang benar-benar belum mengetahui sama sekali akan merasa bingung. Apalagi sekarang ini baik handphone smartphone maupun kamera, setiap hasil dari foto akan berukuran besar mulai dari 2mb hingga 5mb tergantung dari berapa megapixel dari kamera tersebut.

Nah maka dari itu dengan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya, akan kami berikan dengan langkah-langkah yang tepat tutorial cara mengkompress ukuran gambar atau foto baik yang formatnya jpeg, png dan lain sebagainya. Simak penjelasannya dengan teliti dan praktekan seperti uraian berikut ini.

Cara memperkecil ukuran (size) file gambar atau foto jpeg, png maupun hasil scan

Dibawah ini akan dijelaskan langkah demi langkah dalam mengecilkan file gambar atau foto yang berukuran besar menjadi kecil baik itu yang berformat jpeg, png dan hasil scan yakni sebagai berikut :

1. Buka aplikasi Microsoft Picture Manager

Tekan tombol kanan pada mouse atau touchpad pada file gambar atau foto dan atau hasil scan yang akan dikecilkan ukurannya, kemudian pilih pada Open With dan selanjutnya pilih Microsoft Picture Manager.

2. Pilih menu Edit Picture

Setelah aplikasi tersebut terbuka, kemudian pilih pada edit picture. Menu ini dapat ditemukan tepat pada atas gambar yang akan dikecilkan ukurannya. Pastikan setelah tombol ini dipilih, akan muncul disebelah kanan task pane.

3. Pilih menu Compress Pictures pada task pane kanan

Kemudian silahkan cari tulisan pada task pane yang muncul disebelah kanan yakni bertuliskan “Change Picture Size” dan arahkan pointer serta pilih “Compress Picture”. Setelah memilih compress picture maka secara otomatis task pane kanan tersebut akan berubah menjadi “Compress Pictures Setting” dan memunculkan empat pilihan yakni sebagai berikut :

a. Don’t compress (ukuran normal).
b. Documents (ukuran kecil dari normal).
c. Web pages (ukuran lebih kecil dari dokumen).
d. E-mail messages (ukuran paling kecil dari pilihan diatas).
Semakin memilih kebawah pada settingan tersebut maka ukuran file gambar akan semakin mengecil.

4. Pilih ukuran (size) gambar atau foto sesuai dengan selera

Silahkan pilih dari ke-empat pilihan tersebut yang mana sekiranya dibutuhkan ukurannya, untuk mengetahui ukuran file yang terkompress bisa melihat dibagian bawah pada “Estimated Total Size”. Original berarti ukuran file gambar yang masih standar, sedangkan Compressed berarti ukuran file atau gambar yang telah terkompres.

Semakin kecil ukuran hasil yang terkompres maka kualitas gambar akan semakin tidak baik, oleh karena itu pilih pada ukuran yang pas dan sesuai dengan yang diinginkan agar kualitas gambar tetap terjaga.

5. Kemudian tekan OK

Setelah memilih mana yang lebih cocok untuk ukuran gambar yang akan dikompres, selanjutnya tekan ok untuk melanjutkan. Silahkan “Save As” gambar atau foto yang sudah terkompress tersebut ditempat file yang ingin kalian simpan.

Perhatian !

Lihat point nomor 5 diatas dan baca dengan baik, setelah kalian tekan OK maka harus Save As saja file gambar atau foto tersebut. Jangan langsung memilih tombol save ya, karena dapat mengakibatkan gambar atau foto original kalian akan tertimpa dengan file gambar atau foto yang baru. Dan itu secara otomatis gambar original kalian akan hilang dan tergantikan dengan file gambar yang baru yang telah dikompres atau dikecilkan.

Dengan adanya tutorial ini, semoga dapat memudahkan sobat dalam mengecilkan ukuran gambar foto atau gambar maupun hasil scan, dan diharapkan cara-cara tersebut dapat kalian jadikan sebagai referensi untuk teman-teman lainnya. Demikian pembahasan mengenai tutorial cara jitu memperkecil ukuran file foto dan hasil scan.

1 komentar so far

Alhamdulillah terima kasih ya karena sangat bermanfaat sekali di dalam mengecilkan file foto atau mengompres file gambar yang ukurannya besar. seperti saya yang sangat pemula mudah sekali dalam mempraktekkan cara cara mengecilkan ukuran file gambar, apa lagi dapat tugas dari kampus untuk mengupload gambar tidak lebih dari 500 kilobyte. Dan cara inilah yang saya gunakan dan terbukti berhasil mengecilkan gambar yang sangat besar menjadi kecil, sekali lagi terima kasih banyak atas tips dan tutorialnya.


EmoticonEmoticon