Aplikasi Laptop Eror Sering Not Responding ? Berikut Tips Mengatasinya

Teknotomotif.com - Didalam mengoperasikan sebuah perangkat komputer atau laptop, pastinya pernah mengalami aplikasi yang tidak merespon dengan baik atau yang dikenal dengan application not responding. Mengapa sebuah aplikasi yang sedang digunakan bisa terjadi not responding dan faktor apa saja yang menyebabkan hal-hal tersebut ? oleh karena itu pembahasan ini akan membahas dengan lengkap tentang faktor-faktor yang membuat aplikasi komputer, laptop dan smartphone not responding dan tips cara mengatasinya.

Sobat semua pasti mengeluh dan jengkel jika aplikasi not responding terjadi pada perangkat komputer atau laptop yang sedang dipakai atau dioperasikan. Bahkan bukan hanya terjadi pada perangkat komputer saja, akan tetapi hal ini juga sering terjadi pada perangkat handphone smartphone.

Adapun dampak yang bisa terjadi akibat aplikasi not responding adalah perangkat yang digunakan akan menjadi lemot, memperlambat kinerja dan aktifitas kita serta dapat meningkatkan tingkat emosional pengguna perangkat yang dikarenakan menunggu aplikasi yang digunakan tersebut sangat lama kembali normal.
Aplikasi Laptop Eror Sering Not Responding ? Berikut Tips Mengatasinya
Bahkan terkadang hal ini bisa terjadi berulang-ulang kali dan sering pula aplikasi yang tidak merespon tidak dapat di Close atau di Exit. Jika hal ini telah terjadi maka kita harus menutup paksa aplikasi tersebut agar dapat kita jalankan ulang supaya kembali normal. Tetapi bagaimana jika aplikasi sudah di close berulang kali namun tetap saja tidak bisa dihentikan ?

Oleh karena itu, sobat bisa mengikuti tutorial cara berikut ini agar bisa keluar dari permasalahan aplikasi yang tidak merespon dan tidak dapat di exit atau di close. Cara ini sangat ampuh dan sering saya gunakan pada saat perangkat laptop yang sedang saya pakai mengalami respon yang lambat bahkan tidak merespon sama sekali (eror).

Faktor-faktor yang menyebabkan aplikasi sering tidak respon

Berikut dibawah ini merupakan beberapa faktor yang biasanya dapat menyebabkan aplikasi not responding pada perangkat baik itu komputer, laptop, smartphone dan gadget.
1. Memori RAM penuh.
2. Banyak aplikasi yang sedang berjalan.

Kedua hal tersebutlah yang biasanya memicu timbulnya aplikasi yang tidak merespon dengan baik. Dengan begitu, hal ini juga bisa menyebabkan perangkat tidak berjalan dengan maksimal dan mengakibatkan kita sebagai pengguna akan merasa risih.

Untuk meminimalisir agar hal ini tidak terjadi pada perangkat yang sedang kita operasikan, maka sobat bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :
1. Gunakan memori RAM yang besar, karena semakin besar memori ram suatu perangkat maka lebih baik.
2. Jangan banyak membuka atau menjalankan aplikasi pada perangkat secara bersamaan, apalagi memori ram yang terpasang tergolong kecil, karena bisa menyebabkan memory ram penuh dan kinerjanya tidak maksimal.

Dan kita sebagai user sebuah perangkat juga harus dapat memastikan bahwa perangkat yang sedang kita gunakan bersuhu normal, karena jika suhu pada perangkat yang digunakan panas atau diatas normal, maka dapat menganggu sistem dan kinerja perangkat serta bisa mengakibatkan aplikasi yang berjalan ikut berdampak.

Cara mengatasi aplikasi laptop eror sering not responding

Nah jika sudah terjadi aplikasi not responding pada perangkat laptop dan komputer, maka jalan satu-satunya adalah menutup paksa aplikasi. Biasanya aplikasi yang tidak merespon akan sulit ditutup, oleh karena itu sobat bisa mengikuti beberapa tips tutorial cara mengatasi aplikasi not responding yang tidak bisa di close atau ditutup pada perangkat komputer dan laptop sebagai berikut :

1. Tekan CTRL + ALT + DELETE pada keyboard secara bersamaan.
2. Kemudian muncul sebuah notifikasi, pilih Start Task Manager kemudian muncul aplikasi task manager dan pilih Applications.
3. Lihat pada daftar aplikasi yang sedang terbuka dengan status running, pilih aplikasi yang tidak merespon (not responding) dan tekan End Task.
4. Maka akan muncul sebuah perintah yang menyatakan peringatan dan memberikan 2 opsi, maka pilih End Now.
5. Setelah pilih end now, maka aplikasi yang tidak merespon tersebut akan segera hilang atau terclose (tertutup) dalam hitungan detik.

Jika aplikasi not responding terjadi pada perangkat smartphone, maka secara otomatis perangkat yang kita gunakan akan memberikan dan memunculkan sebuah perintah apakah kita tutup atau menunggu. Jika aplikasi sudah lama sekali tidak merespon bisa sobat tutup, namun jika sobat mau menunggu juga tidak masalah.

Yang akan terjadi mungkin hanya sobat akan jenuh dan dapat membuat batterai perangkat sobat cepat berkurang, karena aplikasi dan perangkat bekerja tidak optimal. Untuk mengetahui cara menghemat batterai perangkat, sobat bisa baca tutorial dan tips sebagai berikut :

Baca ini  Cara Menghemat Baterai Perangkat Smartphone

Dengan adanya tutorial cara mengatasi aplikasi not responding pada perangkat komputer atau laptop dan smartphone, dapat sobat jadikan sebagai bahan referensi guna mengatasi masalah aplikasi yang tidak merespon. Demikian pembahasan singkat mengenai tips cara mengatasi aplikasi not responding pada perangkat komputer laptop dan smartphone, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon