Faktor Memori Internal Android Penuh, Padahal Aplikasi Sedikit

Teknotomotif.com - Pembahasan ini akan mengulas tentang ponsel android mengenai solusi cara mengatasi notifikasi kapasitas memori internal perangkat smartphone android penuh atau rendah, sebagian sistem tidak berfungsi padahal aplikasi sedikit, mengapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Seiring dengan banyaknya aplikasi-aplikasi baru yang bermunculan, baik itu berupa aplikasi messenger, aplikasi permainan, aplikasi edit foto, aplikasi sosial media dan aplikasi lainnya membuat kita sebagai user sebuah smartphone harus bijak dalam menggunakan memori yang tersedia pada perangkat.

Pernahkah sobat mendapatkan notifikasi pada smartphone android yang sobat miliki yang isinya menyatakan bahwa “kapasitas rendah, sebagian sistem tidak berfungsi” ? Beberapa hari yang lalu saya sedikit kaget dan bingung, mengapa tiba-tiba ponsel android saya muncul notifikasi seperti diatas.

Memori internal cepat sekali penuh, padahal aplikasi didalam ponsel android saya terbilang hanya sedikit dan itupun telah saya pindahkan beberapa ke memori SD Card. Bahkan rekaman video dan juga foto yang ada didalam perangkat Smartphone Android saya sebagian besarnya telah saya pindahkan ke laptop, namun tetap saja masih penuh.
Memori internal smartphone android penuh, padahal aplikasi sedikit, ponsel android, notifikasi kapasitas rendah, sebagian sistem tidak berfungsi.
Setelah saya mencari tau dan menemukan berbagai referensi yang ada internet, ternyata terdapat dua penyebab mengapa memori internal pada ponsel android saya bisa penuh. Dan penyebabnya adalah sebagai berikut :

🔍 Banyak aplikasi yang terinstall

Pertama, terdapat aplikasi yang banyak memakan memori dan aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan ke memori SD Card. Sehingga pada saat terdapat update terbaru yang tersedia atau aplikasi tersebut perlu pembaharuan, maka yang terjadi adalah memori yang digunakan semakin bertambah (membutuhkan ruang memori lagi).

Belum lagi file yang terdapat dalam aplikasi tersebut yang berupa gambar dan sebagainya, biasanya aplikasi yang masuk dalam kategori ini adalah seperti aplikasi messenger dan aplikasi game. Solusi cara mengatasi permasalahan ini adalah cukup dengan menggunakan aplikasi yang sekiranya penting buat kita gunakan dan jangan terlalu banyak menginstall aplikasi agar kinerja smartphone android tetap optimal.

Semakin banyak aplikasi yang terinstall pada perangkat android, maka semakin banyak juga ruang memori yang dibutuhkan dan pastinya konsumsi energi baterai yang diperlukan juga banyak. Untuk mengetahui cara menghemat baterai smartphone android maka sobat bisa baca tips berikut :
Baca ini : Tips Cara Menghemat Konsumsi Baterai Smartphone Android

📂 Thumbnails gambar yang banyak

Kedua, terdapat sebuah sub-folder dengan nama .thumbnails pada bagian isi folder data DCIM atau Galeri Foto pada perangkat memori internal smartphone android dan isi folder tersebut berisikan dengan file .thumbdata serta icon-icon gambar atau foto dengan ukuran resolusi yang kecil.

Adapun fungsi dari ikon-ikon foto atau gambar dalam folder .thumbnails tersebut adalah guna menyimpan ikon foto atau gambar yang ada di Galeri ponsel android. Fungsi lainnya dari folder ini adalah sebagai file duplikat jika kita menghapus foto atau gambar yang terdapat di galeri dan akan tersimpan secara otomatis di folder .thumbnails ini.

Oleh karena itu solusi cara mengatasi memori internal android yang penuh karena faktor ini adalah dengan menghapus semua isi file dari folder .thumbnails ini. Sobat tenang saja, dengan menghapus semua isi file pada folder.thumbnails ini tidak akan menghapus foto atau gambar utama yang kita simpan, efek yang akan terjadi adalah proses membuka gambar atau foto digaleri akan sedikit lemot atau lambat, efek ini hanya akan terjadi sebentar saja dan segera akan menjadi normal kembali.

⌫ Cara menghapus isi folder .thumbnail smartphone android

Dibawah ini adalah tata cara menghapus isi data file pada folder .thumbnails di ponsel android adalah sebagai berikut :

1. Pertama-tama buka File Manager atau File Saya.
2. Kemudian pilih Storage atau Penyimpanan Perangkat.
3. Selanjutnya pilih DCIM dan pilih setelan (ditandai dengan 3 titik baris dibagian sudut kanan atas) kemudian pilih Pilihan Tampilan (centang pada box Tampilkan File Yang Tersembunyi).
4. Setelah itu akan muncul folder .thumbnails, pilih dan buka folder tersebut.
5. Hapus semua isi data file pada folder .thumbnails tersebut dan lihat hasilnya.

Demikian pembahasan mengenai solusi cara mengatasi kapasitas memori internal perangkat smartphone android penuh.


EmoticonEmoticon