Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat ATM ? Begini Tata Caranya

Teknotomotif.com - Perkembangan teknologi memang selalu hadir dan pasti terjadi dikehidupan kita seperti saat ini. Berbagai macam inovasi yang sering terjadi adalah seperti pada bidang industri mobil, kendaraan motor dan smartphone. Namun kali ini kabar inovasi terbaru datang dari dunia perpajakan yakni sistem pembayaran pajak kendaraan yang dapat melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Adapun nama sistem program tersebut adalah sistem Electronic Samsat (E-Samsat).

Sistem elektronik samsat atau yang disebut dengan E-Samsat adalah suatu inovasi sistem pelayanan pembayaran pajak kendaraan yang berbasis teknologi online yang bisa diakses dengan menggunakan mesin ATM yang ditunjuk kapanpun dan dimanapun. Fitur pelayanan pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis online ini dapat dilakukan dengan menggunakan Bank BPD dan Bank BNI.

Adapun berikut dibawah ini daerah-daerah yang telah menerapkan sistem E-Samsat adalah antara lain seperti :
1. Samsat provinsi Jawa Timur (Jatim).
2. Samsat provinsi Jawa Barat (Jabar).
3. Samsat DKI Jakarta.
4. Samsat Kalimantan Timur (Kaltim).
Tata cara bayar pajak kendaraan motor melalui mesin ATM, cara bayar pajak online, E-SAMSAT.
Daerah provinsi Kalimantan Timur menjadi daerah yang pertama kali menerapkan sistem E-Samsat diluar dari pulau Jawa yang telah menerapkan sistem berbasis teknologi untuk membayar pajak kendaraan ini. Bagaimana cara melihat pajak kendaraan bermotor ?Adapun cara pembayaran pajak kendaraan berikut ini akan dijelaskan satu persatu berdasarkan jenis ATM uang digunakan.

Tata cara bayar pajak kendaraan motor melalui mesin ATM

Dibawah ini akan dijelaskan tahap demi tahap cara melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui mesin ATM dengan sistem E-Samsat, berikut caranya :

✔ Pembayaran pajak kendaraan menggunakan ATM BNI

1. Masukan kartu ATM dan login seperti biasa.
2. Setelah masuk pada menu utama, pilih Menu Lain kemudian pilih Pembayaran.
3. Selanjutnya pilih Pajak / Penerimaan Negara.
4. Setelah itu pilih E-Samsat, kemudian muncul tampilan yang memberikan perintah untuk memasukkan kode institusi dan diikuti dengan kode bayar sesuai dengan kode plat. Untuk melihat daftar kode institusi dan konversi nopol, pilih menu Daftar Kode Institusi/Konversi Nopol pada layar.
5. Setelah selesai input kode institusi dan nopol, pastikan angka tersebut sudah benar. Jika sudah benar maka pilih Tekan Jika Benar.
6. Kemudian setelah itu akan muncul dilayar tampilan data kendaraan seperti nomor plat, nama pemilik, merek, tahun, type kendaraan dan biaya yang harus dibayar (konfirmasi pembayaran).
7. Perhatikan data yang tampil dilayar tersebut, jika sudah benar dan cocok maka pilih Ya kemudian muncul perintah untuk memilih jenis rekening maka pilih Tabungan. Tunggu beberapa saat hingga proses pembayaran dinyatakan berhasil (selesai) yang ditandai dengan tampilan dilayar menyatakan sukses dan struk resi pembayaran tercetak.

✔ Pembayaran pajak kendaraan menggunakan ATM BPD Kaltim

1. Masukan kartu ATM dan login seperti biasa.
2. Setelah masuk pada menu utama, pilih Pembayaran kemudian pilih lagi Layanan Umum.
3. Selanjutnya pilih menu Pajak Kendaraan Bermotor kemudian pilih lagi Pajak Kendaraan.
4. Setelah itu muncul tampilan yang memberikan perintah untuk memasukkan nomor bayar untuk pajak kendaraan anda (Kode Wilayah + Kode Bayar 10 digit). Untuk melihat daftar kode wilayah, pilih menu Kode Wilayah pada layar.
5. Setelah selesai input kode wilayah dan nomor plat serta kode alfabet pada akhir plat, pastikan angka tersebut sudah benar. Jika sudah benar maka pilih Benar. Kemudian muncul perintah untuk memilih jenis rekening maka pilih Tabungan.
6. Adapun setelah itu akan muncul dilayar tampilan data kendaraan seperti nomor bayar, nomor plat, nama pemilik, tahun rakit , type kendaraan, masa pajak, kode rangka dan biaya yang harus dibayar (konfirmasi pembayaran).
7. Perhatikan data yang tampil dilayar tersebut, jika sudah benar dan cocok maka pilih Benar. Tunggu beberapa saat hingga proses pembayaran dinyatakan berhasil (selesai) yang ditandai dengan tampilan dilayar menyatakan sukses dan struk resi pembayaran tercetak.

Selanjutnya, yang harus anda lakukan adalah menukarkan struk pembayaran (cetak resi) yang telah tercetak tersebut dikantor Samsat terdekat, dengan menyertakan berupa dokumen seperti fotocopy KTP dan STNK. Dan pihak samsat akan menginput serta mensinkronkan data untuk mencetak lembar pajak yang baru.

Demikian pembahasan mengenai tutorial cara mudah melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui mesin ATM dengan sistem E-Samsat, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca.


EmoticonEmoticon